SMP PGRI 1 SINGOSARI

SMP PGRI 01 SINGOSARI

BERITA

BENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK DAN BERAKHLUK KARIMAH SMP PGRI 01 SINGOSARI KEGIATAN PONDOK RAMADHAN

      Senin, 17 April 2023 – SMP PGRI 01 Singosari melaksanakan kegiatan pondok ramadhan selama 2 hari. Kegiatan pondok ramadhan dilaksanakan mulai hari Senin tanggal 17 April hingga Selasa 18 April 2023. Pada hari pertama diikuti oleh peserta didik khusus perempuan kelas 7, 8, dan 9. Sedangkan pada hari Selasa diikuti oleh peserta didik khusus laki-laki kelas 7, 8, dan 9. Pada kegiatan ini, peserta didik diperbolehkan atau dianjurkan melaksananakn rukun islam yang ke-3 yaitu zakat fitrah. Siswa melaksanakan zakat fitrah berupa beras sebesar 2,7 Kg.                                                                                                                                                  Kegiatan pondok ramadhan pada hari pertama berjalan lancar, adapun serangkaian kegiatan yang perlu diikuti oleh peserta didik yaitu berdoa dan bershalawat kemudian dilanjutkan tausiyah, bertadarus al-quran dan diakhiri doa akhir majelis. Kegiatan pondok ramadhan tahun ini, tausiyah dibawakan oleh Ustadz Shidiq (pengajar PIQ Singosari) dengan tema Membentuk Generasi Muda Islam Religius, Cerdas, Amanah, Mandiri, Bertakwa, Berakhlakul Karimah serta Istiqomah menebar kebaikan. Dalam tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Shidiq ada point-point penting dalam puasa, poin pertama definisi ramadhan, kedua tingkat orang berpuasa, ketiga nama-nama bulan ramadhan, dan keutamaan bulan ramadhan. 

Ustadz Shidiq menyampaikan bahwa definisi ramadhan itu dibagi menjadi dua yakni pertama menurut orang Arab, ramadhan artinya musim panas yang sangat panas, lalu kedua menurut Saidina Alisyah artinya amalan yang menggugurkan dosa-dosa. Ustadz Shidiq juga menyampaikan tingkatan-tingkatan orang yang berpuasa.

Tingkatan pertama yaitu awam yang dimaksud adalah para pemula yang menjalankan ibadah puasa dengan esensi puasa dilaksanakan untuk menahan lapar, haus, dan nafsu (syahwat). Kedua yaitu tingkatan khusus yakni orang yang menjalankan ibadah puasa dengan sesensi puasa dilaksanakan untuk meninggalkan segala perbuatan atau perilaku yang tidak baik, contohnya membicarakan orang lain, iri hati, marah-marah. Tingkatan ketiga khususnya khusus yakni orang yang tidak meninggalkan sedikitpun perintah dan pahala Allah SWT contohnya para Auliyah atau Wali Allah. Kemudian beliau menjelaskan nama-nama di Bulan ramadhan dibagi menjadi 3 yaitu Pertama awal bulan ramadhan (Magfirah) berjalan sepuluh hari pertama puasa, kedua tengah bulan ramadhan (berkisar hari ke 11 sampai 20) atau biasa disebut rohmah, kemudian terakhir pada hari ke 21 sampai 30 bulan ramadhan disertai datangnya Lailatul Qadar pada tanggal ganjil yaitu hari ke 21, 23, 25, 27, dan 29. Pada malam-malam Lailatul Qadar, kita dianjutkan untuk membaca al-quran, bershalawat, banyak berdzikir. Pada 10 hari terakhir (Lailatul Qadar)  waktu dimana segala dosa digugurkan dan dibebaskan dari api neraka. Ustadz Shidiq menjelaskan beberapa keutamaan bulan ramadhan yatu sebagai berikut. Pertama bagi orang yang menjalankan ibadah puasa dengan ikhlas, maka akan dilipatgandakan pahala. Kedua bulan ramadhan diberi malam-malam yang lebih baik dan Seribu Bulan (Lailatul Qadar). Ketiga bulan ramadhan merupakan bulan dimana diturunkannya kitab-kitab Allah SWT (Zabur, Injil, Taurat, dan Al-Quran). Keempat baunya orang yang berpuasa lebih harum dan minyak misik dimata Allah SWT.

Esensi dan tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Shidiq bahwasanya bulan ramadhan ini merupakan bulan yang sangat baik bagi manusia untuk meningkatkan ibadah. Bulan ramadhan merupakan pintu atau jalan kita untuk selalu mendekatkan diri terhadap Allah SWT.

Ibadah puasa merupakan ibadah tertinggi selain shalat karena ibadah puasa merupakan ibadah yang tidak nampak dan ibadah yang pencatatan amal ibadahnya langsung ke Allah SWT tanpa perantara siapapun. Ibadah puasa juga tidak semata-mata untuk memaksakan diri dari lapar dan haus namun juga menjauhkan dari perbuatan munkar dan nakir. Setelah Ustadz Shidiq menyampaikan tausiyah, dilanjutkan dengan bertadarus yang dipimpin oleh Ustadz Shidiq dan diikuti oleh seluruh peserta didik. Metode yang digunakan adalah metode tartil. Kemudian setelah bertadarus dilanjutkan dengan mengerjakan soal yang sesuai dengan tausiyah yang disampaikan. Kegiatan pondok ramadhan diakhiri dengan doa akhir majelis yang berakhir pada pukul 11.00 WIB. Hasil zakat yang diberikan oleh peserta didik akan disalurkan kepada pihak-pihak yang berhak menerima serta pemberian zakat dilakukan oleh sekolah dibantu pengurus OSIS SMP PGRI 01 Singosari. Harapan dilaksanakannya kegiatan pondok ramadhan untuk membentuk karakter Religius, Cerda, Amanah, Mandiri, Bertaqwa, Berakhlakul Karimah, Serta Istiqomah peserta didik SMP PGRI 01 Singosari

Share

Facebook
Twitter
WhatsApp

Berita Lainnya